Tuesday, April 28, 2015

Review Seminar : Cloud Computing dan VoIP

Halooo semua …..
Pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai seminar cloud computing dan VoIP, pembahasan kali ini berdasarkan seminar Dalam rangka berlangsung nya TIFEXPO 2015, HMJ Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau bekerja sama dengan UXER “Uin Suska Linuxer” mengadakan seminar Nasional “Technology For Education & Enterprise to Pekanbaru Smart City” yang diadakan pada hari Minggu, 5 April 2015 di Islamic Center UIN Suska. dengan materi Cloud Computing & VOIP Technology yang disampaikan Oleh pakar IT Indonesia, Bapak Onno W Purbo.
Teknologi Cloud Computing & VOIP sendiri bukan hal yang baru di dunia Teknologi dan Informasi dewasa ini, tetapi penggunaan dan penerapan dari Cloud Computing & VOIP masih belum maksimal dan efisien, dikarenakan pemahaman terhadap fungsionalitas dan penerapan dari Teknologi ini yang masih sangat minim.
Cloud computing itu sendiri ialah suatu konsep pemanfaatan teknologi komputer dengan menyediakan berbagai macam layanan teknologi informasi yang merupakan abstraksi dari infrastruktur komplek yang ada di belakangnya. Cloud Computing menawarkan solusi komputasi yang murah, aman, kemampuan skalabilitas dan jaminan ketersediaan layanan, serta fleksibelitas layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, hal ini akan berdampak pada penurunan biaya yang dikeluarkan oleh pengguna untuk kebutuhan suatu sistem komputasi. Sedangkan Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah.
Sekian ulasan singkat mengenai seminar cloud computing dan VoIP.


http://tif.uin-suska.ac.id/seminar-nasional-technology-for-education-enterprise-to-pekanbaru-smart-city-dengan-materi-cloud-computing-voip-oleh-bapak-onno-w-purbo/


No comments:

Post a Comment