Saturday, March 21, 2015

Belajar Bahasa Korea - Korean Learning Part I

halo semua ...
perkenalkan nama aku mae, awal aku suka korea itu karena musik kpop, dulu aku hanya suka dengan lagu-lagunya dan artisnya pastinya idola kpop pertama yang aku sukain GIRLS GENERATION, dan lagu pertama GG yang aku suka itu ITNW. Baru 2 Tahun aku belajar bahasa korea setelah bertahun-tahun aku suka kpop haha. Selain aku suka dengan lagu, artis, kebudayaan korea dan pastinya ingin sekali pergi kesana hehe, ada hal lain juga jadi saat aku SMA aku suka nulis status lirik lagu korea tanpa aku perhatikan benar atau tidak tulisan Romajinya sampe suatu saat aku menyapa senior "anneyong haseyo" yang tanpa aku sadari salah satu huruf membuat aku di tertawakan senior itu, oleh karena itu aku ingin sekali belajar bahasa korea.
nah Alhamdulillah setelah aku belajar bahasa korea, saat ini aku bisa berbicara, membaca, menulis, dan mendengar lagu korea tanpa searching dulu hehe. saat ini aku masih terus belajar bahasa korea dan bahasa lainnya juga. oke sampai disini cerita singkat aku.

Dengan ilmu yang aku dapat selama 2 tahun ini, aku ingin berbagi dengan kalian walaupun sudah banyak yang menulis artikel sama, tapi semoga lebih bisa bermanfaat terutama untuk kalian yang mau belajar bahasa .

oke, di part I ini kita mulai dengan pengenalan bahasa korea, sejarahnya karena dalam mempelajari sebuah bahasa selain mempelajari huruf, tata bahasa, percakapan, dsb sejarah tentang bahasa tersebut juga penting, so mari kita mulai ..... cekidot ...

Bahasa Korea 


bahasa korea adalah bahasa yang digunakan di semenanjung korea dengan jumlah penggunaan bahasa ini di korea selatan ada 40 juta orang dan di korea utara ada kisaran 20 juta orang, selain di korea sendiri bahasa korea juga digunakan di beberapa negara yaitu Amerika 2.1 juta orang, jepang 600 ribu orang, di Rusia kisaran ratusan ribu orang keturunan bangsa korea yang menggunakan bahasa korea. apabila para keturunan korea yang jumlahnya tidak sedikit itu dianggap menggunakan bahasa korea, maka bahasa korea memiliki jumlah populasi pengguna bahasa peringkat 20 di dunia.


HANGUL


what is HANGUL ? hayoo kalian yang suka korea pastinya tahu kan apa itu hangul? yap, hangul itu adalah alfabet bahasa korea, bagaimana sih sejarahnya hangul, kenapa bisa hangul, kenapa gak yang lain gitu? oke aku akan jelasin sejarah hangul.

yappp.... hangul itu dibuat pada jaman chosun tahun 1443 oleh raja Sejong dan beberapa ilmuan lainnya saat itu. sebelum hangul diciptakan, rakyat korea menggunakan huruf karakter cina dalam kehidupan sehari-hari. nah .. untuk kalian yang suka nonton drama korea terutama drama kerajaan korea pastinya kalian pernah liat tulisan-tulisan di kerajaannya, simbol-simbol mereka kalo dilihat secara seksama huruf itu aksara mandarin nah bahasa itu biasanya disebut Hanja . namun karena huruf karakter cina jumlahnya sangat banyak, rumit, serta sulit dipelajari, seringkali rakyat jelata korea menghadapi kesulitan untuk menggunakannya, lalu raja sejong yang kasihan dengan rakyatnya membuat sistem alfabet korea yang sesuai untuk melambangkan bunyi bahasa korea serta mudah dipelajari, nah sistem alfabet inilah disebut dengan HANGUL *kalian yang suka nonton kpop drama dan lainnya pasti udah tau kan raja sejong. kemudian, saat hangul diciptakan, hangul disebut dengan '훈민정음 (hunminjeongeum)' yang artinya 'Bunyi Tepat Untuk Mempelajari Rakyat'. untuk gambarnya kalian searching aja yahh hehehe

huruf Hangul terbagi menjadi Vokal dan Konsonan. awalnya hangul terdiri dari 17 buah konsonan dan 11 buah vokal, diantaranya :
- ㅇ (엿이응)
- 우 (여린히읗)
- ^ (반싱옷)
- Vokal .  (아래아)
namun ketiga jenis hangul diatas sudah tidak digunakan lagi, saat ini hangul modern yang digunakan terdiri dari 40 alfabet, yaitu 19 buah konsonan dan 21 vokal.

Huruf Vokal
dalam alfabet korea untuk alfabet vokal terdiri dari dua jenis yaitu vokal Dasar dan vokal perluasan. pertama aku akan bahas tentang vokal Dasar korea .
vokal dasar korea terdiri dari 10 buah huruf, berikut  huruf korea nya:

ㅏ     a

ㅑ     ya

ㅗ     o

ㅛ     yo                                                          

ㅓ     eo

ㅕ     yeo

ㅜ    u

ㅠ   yu

ㅣ    i

ㅡ    eu

*catatan : setiap huruf vokal itu kalau berada di awal sebuah kata baisanya dia memakai huruf bulat karena huruf vokal tidak bisa berdiri sendiri.
Aturan penulisan huruf vokal itu urutannya dari Atas ke Bawah, Kiri ke Kanan. Ingatt !!! aturan sebuah penulisan huruf itu penting karena selain membuat tulisan rapih, menulis huruf aksara sesuai dengan urutan guratannya juga bisa membuat kita menulis dengan cepat seperti kita menulis alfabet biasa.

Vokal Perluasan

vokal Perluasan adalah gabungan vokal-vokal dasar

ㅐ  ae

ㅒ  yae
ㅔ  e

ㅖ  ye

ㅘ  wa

ㅙ  wae

ㅟ  wi

ㅝ wo

웨  we

의  eui

외  wi

oke, dari huruf vokal perluasan ada beberapa huruf yang di tandai, kenapa? yap, aku tandain huruf ini karena bunyi huruf ini ada yang sama cuma cara pelafalannya saja berbeda.

1. ㅐ  ae, huruf ini bunyinya hampir sama dengan ㅔ  e namun pelafalan huruf ini biasa saja tidak ada penekanan pada hurufnya, huruf ini berbunyi "e" tanpa penekanan.
2. ㅔ  e, seperti yang dijelasin diatas, huruf ini bunyinya sama dengan huruf nomor 1 akan tetapi pada pelafalannya huruf ini dilafalkan dengan penekanan.
3. ㅟ  wi, biasanya huruf ini dilafalkan dengan jelas
4. 외  oi->we, pada huruf ini pelafalannya tidak jelas.


KONSONAN

tadi kita sudah belajar tentang huruf vokal bahasa korea, sekarang kita mengenal konsonan korea, konsonan huruf korea ini terbagi menjadi dua jenis, diantaranya 14 konsonan dasar, dan 5 konsonan ganda.

Konsonan Dasar

untuk melafalkan konsonan maka konsonan harus digabungkan dengan huruf vokal agar bisa membentuk suku kata sehingga dapat di lafalkan, konsonan tidak dapat dibunyikan bila berdiri sendiri. konsonan dapat dilafalkan dengan satu atau lebih cara sesuai dengan vokal yang mengikutinya dan posisinya dalam suku kata.

ㄱ   gieok   [g] ; [k]

ㄴ   nieun    [n]

ㄷ   digeut   [d] ; [t]

ㅁ   mieum  [m]

ㅂ   bieup    [b] ; [p]

ㄹ   rieul      [r] ; [l]

ㅅ   sieot      [s] ; [t]

ㅇ  ieung     [ng]

ㅈ  jieut       [j] ; [t]

ㅊ  chieut    [ch] ; [t]

ㅋ  khieuk   [k] ; [k]

ㅌ  tieut       [t] ; [t]

ㅍ  phieup   [p] ; [p]

ㅎ  hieut      [h] ; [t]

*catatan:
# pada huruf diatas kolom kedua adalah nama dari huruf konsonan, sedangkan kolom ketiga      menunjukkan arti pelafalan huruf konsonan itu, misalnya ㄱ - gieok  - [g] ; [k]  artinya huruf    konsonan ini bila berada di awal maka bunyinya G sedangkan bila konsonan ini terletak di akhir  maka pelafalannya menjadi huruf p.
ㅇ - ieung - [ng]  huruf konsonan ini memiliki bunyi ng yg hanya terdapat diakhir kata, contohnya  빵 artinya tas, namun bila diawal kalimat huruf ini tidak memiliki arti akan tetapi huruf ini    menemani huruf vokal contohnya : 침 >> artinya Pagi.

Konsonan Gabungan

konsonan ini merupakan konsonan yang dibentuk dengan menambah satu konsonan lain kepada konsonan tersebut. ada 5 konsonan ganda :

ㅃ   ssang bieup    [pp]

ㅉ   ssang jieut     [jj]

ㄸ   ssang digeut  [tt]

ㄲ   ssang gieok    [kk]

ㅆ   ssang sieot    [ss], [t]


dalam pelafalan huruf konsonan korea, jenis pelafalannya terbagi menjadi 3 :
1. plain consonant : dibunyikan tanpa penekanan atau pengerasan letupan udara
   contoh :  ㄱ ㄷ ㅂ ㅅ ㅈ
2. aspirated consonant : dilafalkan dengan mengeraskan letupan udara
    contoh : ㅋ ㅌ ㅍ ㅊ
3. Tensed consonant : konsonan yang dilafalkan dengan memberikan penekanan pada otot bagian    artikulasi.
contoh : ㄲ ㄸ ㅃ ㅉ