Friday, March 15, 2013

WEBSITE


    1. Pengertian Website

               Website atau situs web adalah halaman informasi yang disediakan mel;alui jalur internet sehingga dapat diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet .
      Secara terminologi website adalah kumpulan halaman-halaman situs yang biasanya terangkum dalam domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web  (web page) diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” ( root ), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”), URL ini mengatur web page untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan. Jadi Website merupakan  kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
                 Sebuah Web Page adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) yang dapat diakses melalui HTTP (Hyper Transfer Protokol) yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada User (pengguna) melalui web browser.  Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar. Web page layaknya sebuah buku yang dapat menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik bersifat komersil maupun non komersil. Melalui media web inilah seseorang dapat memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia.
    2. Sejarah dan Perkembangan Web Site 
              WWW
      atau secara singkat disebut Web mulanya adalah aplikasi untuk menyimpan dan menampilkan teks. Pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1889. Saat pertama web dikembangkan (web 1.0), dimana pengunjung hanya bisa mencari dan melihat-lihat data informasi yang ada di web, kemudian bergeser pada era pengembangan web kedua (web 2.0) di mana pengunjung mulai dapat melakukan interaksi dengan melakukan manajemen aplikasi yang diatur oleh sistem yang ada pada web. Jenis interaksi yang dapat dilakukan pada era kedua ini antara lain untuk saling bertukar informasi, eksploitasi informasi, dan juga pembuatan komunitas-komunitas online. Selanjutnya sekarang ini yang terakhir dimana sebuah web dapat memberikan sebuah interaksi sesuai dengan kebutuhan informasi setiap pemakaianya, hal tersebut adalah yang menjadi topik krusial dalam pengembangan (web 3.0) .

      C. Website telah ada selama 15 sampai 20 tahun, usia yang bagi manusia dianggap masih remaja dan sedang bertumbuh menuju kedewasaan. Tetapi dalam usianya ini, web telah memiliki sejarah yang panjang dan banyak cerita yang memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhannya. Inilah 10 momen yang dianggap paling bersejarah yang dihimpun oleh pcmag.com :

      D. 1.11.7 Januari 1998 : The Drudge Report memecahkan skandal Lewinsky.
      Kalimat diatas adalah berita web pertama dan ini adalah pertama kalinya web digunakan sebagai media yang memiliki lingkup nasional. Sejak saat itu sumber-sumber media tradisional menyadari bahwa mereka tidak dapat mengalahkan kecepatan internet dan mulai melakukan perubahan dengan menerbitkan beritanya di web mereka terlebih dahulu, baru kemudian di media cetaknya. Bahkan beberapa penerbit menghentikan total media cetak mereka untuk berkonsentrasi sebagai media online. Sebuah era baru telah dimulai.

      E. 2. 2.February 1994 : Jerry dan David mem-bookmark web. Awalnya bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” dan pada April 1994 diganti menjadi : “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” atau disingkat Yahoo. Yahoo adalah site pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa-jasa lainnya. Walaupun sekarang adalah masa kejayaan Google, tetapi masa-masa bersejarah dimana Yahoo berkuasa tidak akan pernah hilang dari sejarah.

      F. 3. 3. 28 Agustus 2005 : Debut blog dari korban badai Katrina yaitu Michael Barnes. Badai Katrina bencana alam yang dianggap sebagai salah satu yang terparah dalam sejarah AS.. Beberapa kalimat pertama yang ditulis Michael Barnes di blognya adalah: “Kami sekarang berada dilantai 10 dan 11 pada sebuah gedung perusahaan di Poydras Ave. Kami memiliki generator dan banyak persediaan makanan serta air. Saya tidak yakin bagaimana koneksi internet akan terpengaruh”. Selama lima hari Barnes dan teman-temannya terus memberikan laporan langsung dan foto tentang badai Katrina dari gedung yang menjadi tempat pengungsian mereka. Puluhan ribu orang mengunjungi blog mereka setiap harinya untuk membaca “liputan khusus” yang media lain bahkan CNN tidak bisa dapatkan. Kasus ini membuktikan bahwa blog bisa digunakan sebagai alat berharga untuk menyampaikan dan memahami pengalaman seseorang.

      G. 4. 4. 3 September 1995 : eBay melakukan lelang pertamanya. Dulu, satu-satunya cara untuk mendapatkan sedikit kompensasi dari barang bekas anda adalah dengan mengikuti berbagai lelang barang bekas. Tetapi eBay mengubah semua itu, sekarang puluhan ribu orang bahkan perusahaan kecil dan besar menggunakan eBay sebagai alat utama mereka, eBay membawa e-commerce ke seluruh orang. Benda pertama yang berhasil dilelang adalah sebuah pointer laser yang rusak dan terjual dengan harga 14,83 US$.

      H. 5. 5.15 January 2001: Wikipedia memasukkan entry pertamanya. Wikipedia, sebuah ensiklopedia online dimana siapapun bisa menambahkan atau mengedit entri tentang topik apa saja. Sekarang memiliki 2 juta artikel dalam bahasa Inggris .

      I. 6. 6.Maret 2003 : Friendster telah tumbuh sangat besar. Myspace dan Facebook juga mencapai kejayaannya. Tetapi keduanya tidak akan menjadi seperti sekarang jika bukan karena Friendster. Friendster adalah pionir pertama yang berusaha menghubungkan seluruh penggunanya pada era social networking.

      J. 7. 7.23 Juni 1983: Sistem nama domain terlahir. Berkat Paul Mockapetris, Craig Partridge, Jon Postel. Anda tidak perlu menghafal 12 digit angka untuk mengunjungi suatu host. Mereka bertiga menciptakan sistem penamaan domain untuk mengganti alamat internet numerikal. Kini pengguna cukup mengetikkan domain dan server diseluruh dunia akan menerjemahkan kata-kata tersebut menjadi angka.

      K. 8. 8. 16 July 1995: Amazon.com memulai bisnisnya. Site yang dulu dijuluki sebagai toko buku terbesar di dunia ini kini telah berevolusi menjadi sesuatu yang mencakup apasaja yang bisa dijual atau dibeli, termasuk musik dan video yang bisa didownload. Amazonlah yang memulai revolusi commerce di net dan di dunia nyata.

      L. 9. 9.7 September 1998 : Google berdiri. Pada Januari 1996, Sergey Brin dan Larry Page berkolaborasi dalam BackRub, sebuah proyek kelulusan yang menganalisa bagaimana back links dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian. Akhirnya pada September 1998 Google terbuka untuk bisnis. Google mungkin adalah aplikasi web 2.0 yang pertama dan kesuksesannya dapat dilihat dari keputusan Oxford English Dictionary untuk memasukkan kata “google” sebagai kata kerja yang artinya melakukan pencarian di web.

      M. 10.10. 25 Desember 1990: Web akhirnya online. Tentu saja momen yang paling bersejarah dalam perkembangan web adalah hari dimana web dilahirkan. Tim Berners Lee dan Robert Caillliau dari CERN research lab di Geneva mempersembahkan sebuah hadiah natal kepada dunia, ketika mereka berkomunikasi dengan web server pertama di dunia. Pada akhir 1992, 50 web server sudah terhubung, dan pada akhir 1994 angkanya terus bertambah sampai 2500. Sebuah dunia baru telah tercipta.
    3. Website di Indonesia
      Website mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1998, dimana hanya perusahaan besar saja yang mampu memilikinya. Pada saat itu, website merupakan sebuah teknologi yang cukup mahal untuk dimiliki. Sehingga banyak pengusaha maupun produsen mengurungkan niat mereka untuk dapat memiliki media promosi ini. Langkanya penyedia jasa pembuatan web yang menawarkan harga murah membuat keinginan perusahaan-perusahaan tersebut untuk memiliki sebuah website murah hanya menjadi sebuah mimpi.

      Itu dulu, sekarang ini terdapat hampir milyaran halaman website yang memeriahkan dunia maya. Sebagian besar dari website tersebut adalah web komersial yang bersifat bisnis dan perdagangan. Rupanya media promosi dalam bentuk website sangat berperan penting dalam dunia usaha. Buktinya akhir-akhir ini banyak pengusaha besar maupun kecil telah menggunakan website sebagai salah satu media promosi dalam memasarkan produk ataupun jasa. Fungsi website yang tidak hanya sebagai sarana promosi melainkan juga sebagai upaya untuk meningkatkan prestise (gengsi) dari suatu perusahaan telah membuat banyak pengusaha berani mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk memiliki media online ini.
    4. Unsur-unsur pada Web site
      1. Nama Domain
          Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server  komputer seperti web server atau     email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di     internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi     tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal     sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL,     atau alamat website.
                 Contoh domain di antaranya .com,.net,.org,.info,… dan lain-lain.
      2. Hosting
          Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan data-data di internet baik berupa tulisan, gambar ataupun file-file     lainnya. Hosting sendiri bervariasi harganya, tergantung kapasitas dan fitur yang ditawarkan.
      3. Desain Website
          desain website ini digunakan untuk membuat tema untuk web site, kita bisa bebas berkreativitas untuk membuat     web site kita bagus dan dapat menarik pengunjung web site kita nantinya.

      Tren Gila Remaja Jepang, Makan Segunung Kentang Goreng



      French fries atau kentang goreng yang disajikan restoran cepat saji memang enak. Bagi remaja Jepang, promo harga murah kentang goreng tidak hanya dimanfaatkan dengan membeli satu atau dua kantong, tetapi hingga dua baki besar hingga menggunung untuk dimakan bersama-sama, dilansir Kotaku.
      Berawal dari penawaran Mc Donald Jepang yang memberi potongan harga untuk kentang goreng ukuran berapapun. Beberapa remaja menggunakan kesempatan itu untuk memesan kentang goreng dengan porsi gila-gilaan. Mereka memesan 23 paket kentang goreng ukuran besar. Semua kentang yang ditata dalam wadah ditumpahkan ke atas nampan hingga membentuk gunungan kentang goreng.
      Seperti remaja pada umumnya, mereka berpose terlebih dahulu, mengunggah foto di jejaring sosial lalu memakan kentang beramai-ramai. Hal yang dianggap keren itu langsung diikuti remaja-remaja lain. Mereka bahkan memesan 60 paket kentang goreng porsi besar. Dan sekali lagi, mereka mengabadikan momen itu lalu disebar ke berbagai jejaring sosial. Mereka menyebutnya "Potato Party" atau pesta kentang.

      Aksi gila-gilaan ini akhirnya terbawa hingga Korea Selatan. Remaja di negara tersebut bahkan memesan kentang goreng hingga harus membayar sekitar Rp 2 juta untuk ditumpahkan di atas nampan dan dimakan bersama-sama. Tren gila ini sudah jelas mengganggu karena semua porsi kentang goreng dihabiskan oleh mereka. Aksi ini juga dianggap kasar dan membuat pemilik gerai Mc Donald kesal karena mendapat banyak kritik dari masyarakat.
      Bukan tanpa alasan masyarakat khawatir, kentang goreng mengandung banyak garam dan kalori, sehingga konsumsi dalam jumlah besar bisa membahayakan kesehatan. Tanggapan bermunculan, salah satunya dari Zane McCarty, "Setidaknya, ketika mereka mengalami gagal jantung, jumlah orang bodoh di Bumi akan berkurang,".

      jangan di tiru ya .. hehehe ^^


      Referensi :
      • http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
      • http://www.proweb.co.id/articles/web_design/website_adalah.html
      • http://blog.rajawebhost.com/pengertian-website-menurut-para-ahli.html
      • http://iicisony.blogspot.com/2011/03/sejarah-dan-perkembangan-web.html
      • http://www.vemale.com/ragam/20721-tren-gila-remaja-jepang-makan-segunung-kentang-goreng.html

No comments:

Post a Comment