Wednesday, November 7, 2012

NEW MEDIA


    Setelah muncul internet, media jejaring social pun bermunculan untuk memudahkan berkomunikasi atau bertukar informasi.
Ada banyak media social yang saat ini bermunculan dan berkembang dari waktu ke waktu.
media itu adalah Friendster, Facebook, Twitter, Plurk, Blog, Linkedin, MySpace,Social URL, SKYPE, dan lain Sebagainya.
Disini saya hanya menjelaskan Mengenain Facebook, Twitter, Blog.

 FACEBOOK

    Kalau tadi kita berbicara mengenai interconnection-working. facebook merupakan salah satu contoh media social yang diciptakan
oleh seoarang mahasiswa Harvard University Mark Elliot Zuckerberg, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004.
    Facebook merupakan salah satu jaringan social yang paling terkenal saat ini, yaitu media yang dapat menghubungkan anda dengan
orang-orang terdekat,bertemu dengan teman lama, bertukar fikiran, business online, mengShare kegiatan anda:
share foto dan video anda dan lain sebagainya.aktivitas ini anda lakukan untuk berbagai cerita atau kesenangan anda dengan tema
di media social. Facebook merupakan situs jejaring social yang Komunikatif dan Interaktif.  Facebook saat ini semakin berkembang
dan memiliki manfaat positif banyak selain sebagai komunikasi antar sesama.saat ini facebook saat ini dimanfaatkan sebagai media bisnis
untuk usaha mereka, media belanja dima si pembeli tidak harus pergi ke tempat tersebut akan tetapi pembeli cukup melihat barang dari penjual tersebut.
facebook juga dapat digunakan sebagai media untuk bertukar fikiran, disini biasanya orang-orang membuat suatu komunitas untuk
bertukar fikiran informasi dan memperoleh ilmu tambahan. Disini juga dapat menambah teman bagi kita.

Kelebihan Facebook :
- Informatif. Semua yhang berhubungan dengan apa yang terjadi pada network (komunitas)  kita. Kita juga bisa dengan mudah
  memantau hal apa saja yang terjadi saat ini.
- Mudah memantau pembicaraan kita dengan rekan-rekan kita. Contohnya : saat kita saling berkomentar dan kita bisa mengecek langsung
  setiap pembicaraan tersebut sehingga kita tidak lupa.
- Tagged, men Tagged ini merupakan aktivitas berbagai dengan teman tertentu. Misalnya, bila ada event tertentu seperti party atau acara lainnya
  kita dapat mengunggah foto atau video event into ke facebook dan berbagi dengan teman kita dengan menandai namanya.
  Ini memudahkan kita untuk membuka foto/video jadi kita tidak harus ke profil si pengunggah terlebih dahulu.
- Bermain game.
- Facebook memberikan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan informasi apapun yang sedang terjadi di komunitas kita sehingga
  kita dengan mudah berkomunikasi dan berinteraksi.
- Facebook juga memiliki peran dalam bisnis, yang sering disebut dengan bisnis online.

Kekurangan Facebook:

    Kalau tadi kita membicarakan mengenai pengertian dan kelebihan pada facebook,
sekarang mari berbicara mengenai kekurangan pada facebook. Jejaring social tidak selamanya memiliki nilai positif, pastinya memiliki nilai negatifnya.
Seperti yang sekarang-sekarang ini terjadi kejahata di facebook seperti kasus beberapa waktu lalu seorang wanita yang diculik oleh teman facebooknya.
kasus penipuan di facebook (penipuan bisnis), dan masih banyak lagi. Dua kasus dari banyak kasus yang terjadi, dua hal ini yang paling sering terjadi.

Nilai negative yang terjadi pada anak dibawah umur menurut survey mereka akan ketagihan memainkan jejaring ini apa lagi saat ini dengan facebook
mereka bisa bermain hingga berjam-jam. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan dan psikis mereka karena mata yang terlalu lama di depan monitor
akan terkena radiasi dan menimbulkan efek tidak baik dan psikis mereka bisa menjadi orang yang jahat.

Dari beberapa contoh kasus diatas dapat disimpulkan, pisitif atau negative nya suatu jejaring social tergantung user(pengguna)
bila mereka memanfaatkannya dengan hal positif tentulah mereka akan mendapatkan hal baik bila user menggunakan hal negative suatu jejaring,
 maka jangan selalu salahkan media ini karena pasitif dan negative nilai suatu jejaring social tergantung penggunanya.

TWITTER

Twitter adalah layanan social network yang memilki fungsi sebagai tempat untuk menumpahkan catatan-catatan ringan akan apa yang sedang kita kerjakan
atau sering disebut dengan MicroBloging. Bila di facebook untuk men share aktivitas disebut dengan Status,
maka pada twitter disebut dengan Tweet (Kicauan) dimana user dapat mengupdate aktivitasnya disini.
Pada tweet karakter penulisan dibatasi hanya 140 karakter saja. Untuk melihat siapa yang mengikuti kita (followers)
bila di fb disebut dengan “Add Friend” dan kita dapat memfollow-nya. Pada twitter terdapat: 

 - pesan yang digunakan untuk mengirim pesan yang bersifat privacy.
 - Profil, pada profil kita dapat melihat mengenai diri kita, seperti Followers, Following, Tweets, favorite, list, foto, video.
 - Berenda, pada laman ini kita dapat melihat TimeLine dimana pada timeline tidak hanya status kita yang dapat dilihat
   melainkan juga aktivitas following dan followers kita.
 - Followers & following, merupakan pengikut yang mengikuti twitter kita dan ikutan dalam arti kita mengikuti orang lain,
   dimana kita dapat melihat aktivitas orang tersebut.
 - Mention, bila pada facebook kita dapat melihat komentar dari teman tentang aktivitas kita maka pada twitter,
   kita dapat melihat pembicaraan dengan “mention”, disini seseorang akan menyapa atau berkomentar, dan menyukai aktivitas kita
   dengan menandai nama dalam komentar tersebut atau sering disebut dengan Rettweet.
 - Favorite, pada laman ini jika kita klik bintang pada suatu aktivitas, foto, atau lainnya kita dapat memasukkannya ke favourite.
 - Trend Topic, merupakan suatu topic yang sedang hangat dibicarakan dalam jejaring social ini,
   biasanya artis, atau even tertentu yang mengundang perhatian user twitter mereka akan membicarakan topic dengan memberikan Hastag
   (#) pada akhir komentar itu sehingga menjadi trend topic.

Kelebihan pada twitter:
 - Memudahkan berinteraksi dengan teman.
 - Lebih mudah memantau keaktifan aktivitas seseorang.
 - Lebih mendunia.
 - Peluang bisnis, sama seperti facebook twitter juga memiliki kelebihan untuk berbisnis
   dimana kita dapat menawarkan nya pada teman atau mereka user yang bukan teman anda dapat juga membeli dengan anda,
   karena aktivitas anda tidak hanya 1 orang yang melihatnya.
 - Bertukar fikiran, sama seperti facebook twitter juga dapat bertukar fikiran, misalnya bila kita ikut group tertentu.
   Mendapatkan informasi lebih cepat, Dll.

                                                               BLOG

     Blog atau weblog adalah suatu aplikasi, software, atau perangkat lunak berbasis web yang dibuat seseorang dengan
 tujuan dan alasan tertentu. Aplikasi ini biasanya berbentuk web yang berisi tulisan-tulisan informasi atau sering disebut dengan postingan,
 atau gambar. Blog ini biasanya memuat informasi seperti dunia politik, olahraga, pendidikan, hobby, gaya, hiburan, dan masih banyak lagi.
 bahkan catatan pribadi mengenai perjalanan kehidupan pribadi seseorang dapat dimuat dalam blog ini.

Jenis-jenis blog yang biasa dibuat seseorang:

 - Blog Politik : yang berisi tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan yang berbasis blog (seperti kampanye).

 - Blog Pendidikan : biasanya ditulis oleh siswa atau guru yang berisi mengenai pendidikan, materi dan lainnya.

 - Blog Pribadi : dapat disebut juga dengan buku harian online diman seseorang menuliskan mengenai keseharian mereka, keluhan, puisi,
   gagasan jahat, dan perbincangan dengan teman.

 - Blog Kesehatan: blog ini kebanyakan berisi tentang keluhan suatu pasien, berita tentang kesehatan terbaru, keterangan tentang kesehatan
   dll dapat juga disebut dengan dokter online.

 - Blog Sastra : lebih dikenal sebagai litblog atau literary blog.

 - Blog perjalanan: berisi mengenai bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan / travelling.

 - Blog riset : berisi mengenai akademis seperti riset terbaru.

 - Blog hokum : mengenai hokum atau urusan hokum atau disebut juga dengan blawgs (blog laws).

 - Blog media:blog ini biasanyha berisi tentang kebohongan (gossip) semata atau ketidakkonsistensi media massa.
   biasanya untuk televise atau media massa.

 - Blog agama: berisi mengenai agama.

 - Blog bisnis : blog ini berisi kegiatan promosi suatu bisni biasanya digunakan oleh pegawai atau wirausahawan.

 - Blog kebersamaan: pada blog ini biasanya digunakan oleh suatu kelompok tertentu dimana mereka dapat melihat
   informasi dan berkomentar mengenai komunitas mereka dalam blog ini.

Manfaat Blog :

 - Meningkatkan kemampuan menulis, baik itu segi disiplin menulis bahkan sampai mutu tulisan.

 - Lebih kreatif, ekspresif, inspiratif,motivatif.

 - Menambah berbagai wawasan dan dapat merangsang otak.

Manfaat bagi pembaca Blog :

 -  Mendapat banyak informasi mengenai blog.

 -  Terlatih untuk berdiskusi dan berkomentar dari artikel tulisan yang ada didalam blog.

 -  Mendapatkan informasi lebih efektif dan efisien karena tidak terbatas oleh ruang dan      waktu.

 - Sebagai referensi untuk memperkuat argument dan gagasan yang akan digunakan.

 Referensi :

C.V Andi Offset dan Wahana Komputer.2010. Cara mudah kelola banyak akun jejaring social dengan web aggregator. Semarang. 
kurniawan, rulianto.2009. membuat blog untuk orang awam. Palembang : Maxikom
Fauzi, Ahmad.2009. Panduan praktis menguasai Facebook. Malang: Indah Surabaya.

1 comment:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai Media Interaktif, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5152/1/JURNAL.pdf
    Semoga bermanfaat!

    ReplyDelete