Wednesday, November 7, 2012

INTERNET




Internet merupakan singkatan dari Interconnection networking, secara global internet dapat didefinisikan yaitu jaringan computer diseluruh penjuru dunia yang saling  terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar protocol Suite (TCP/IP) sehingga antara computer dapat saling mengakses informasi dan bertukar. Internet mencakup segala sesuatu secara luas baik itu komputerisasi maupun telekominukasi.  Dengan internet dapat memudahkan kita memperoleh informasi update saat ini, atau kemarin dengan internet juga dapat memudahkan kita berkomunikasi jarak jauh  seperti diluar kota maupun dengan luar negeri.
Internet merupakan sistem global jaringan komputer yang berhubungan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal ke lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah kode array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet juga dapat didefinisikan sebagai interkoneksi seluruh dunia komputer dan jaringan komputer yang memfasilitasi sharing atau pertukaran informasi di antara pengguna.
Elektronik mail (E-mail) fitur ini dipakai sebagai media berkirim surat dengan orang lain, tanpa ada batasan waktu, ruang bahkan birokrasi dunia maya yakni kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet world wide web (www) dengan world wide web (www) ini kita bisa mengambil, memformat, dan menampilkan informasi (termasuk teks, audio, grafik serta video dengan menggunakan hypertext links.
Mailing list, fitur ini digunakan untuk dapat berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail ke sesama pengguna email. Mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi, pendapat dan lain sebagainya. Newsgroup digunakan untuk berkoferensi jarak jauh, sehingga kita bisa menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet. Download merupakan proses mengambil file dari komputer lain melalui internet ke komputer di rumah. Upload merupakan proses meletakkan file dari komputer kita ke komputer lain melalui internet File transfer protocol (FTP) fungsi ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet.
Beberapa server di internet telah menyediakan file atau dokumen yang dapat untuk di gandakan oleh para penggunanya secara gratis. Telnet fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain. Ghoper fungsi ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan pengguna bisa mengambil informasi tersebut secara mudah dan tentunya gratis.
Nah, itulah sekilas mengenai pengertian internet secara global, memang jika dilihat dari pengucapannya hanya sedikit sekali, cuma 8 hurup saja, namun di dalamnya tersimpan jutaan bahkan jauh lebih banyak dari pada itu ilmu dan informasi yang dapat di ketahui jika mengakses internet. Semoga penjelasan singkat diatas dapat bermanfaat khususnya untuk adik-adik pelajar yang masih awam dengan dunia maya ini.

Sejarah Internet
  Kemunculan internet bermula pada tahun 1966 oleh ARPA (Advance Research Project Agency). Salah satu divisi di departemen pertahanan U.S yang pada saat itu memiliki tujuan  untuk  membuat jaringan computer militer yang mampu bertukar data dari tempat jauh.

  • Pada tahun 1969 ARPA dengan ARPANET  yang berhasil menghubungkan dua computer  di University of California, Los Angeles dan SRI Internasional di Menlo Park, California. Inilah yang menjadi salah satu embrio kelahiran Internet.
  • 1974, TCP/IP (transmission Control Protocol/Internet Protocol), diperkenalkan dan menkjadi sangat popular serta diterima di tahun 80-an. TCP/IP adalah Protokol/atursn yang digunakan bersama dalam mentransfer data dari satu computer ke computer lain dalam jaringan internet. Protocol ini mensyaratkan bahwa setiap computer didalam jaringan internet harus memiliki identitas yang unik yang dinamakan nomor atau IP. Nomor ini terdiri atas empat bilangan dengan masing-masing bernilai antara 0 sampai 255, dan antarbilangan dipisahkan dengan tanda titik. Contoh alamat IP : 128.252.115.5 .
  •  1984, Sistem Domain Name (.com, .org, .gov, .edu, etc) diperkenalkan. Domain Name adalah satu cara untuk membuat internet menjadi lebih mudah untuk di jelajahi. Jadi, alamat IP dinyatakan dengan nama domain. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa mengingat suatu nama seperti : Gunadarma.ac.id lebih mudah dari pada mengingat alamat IP : 128.252.115.5. system yang memetakan domain ke alamat IP disebut Domain Name Server (DNS). Server ini memiliki daftar nama jaringan local dan nama computer serta IP.
  • Juni 1987, format gambar GIF ditemukan. GIF atau graphic interchange format adalah salah satu gambar digital yang relative lebih efisien (karena ukurannya yang lebih kecil ) dari pada format lain (JPG) yang membuat internet menjadi lebih berwarna dengan berbagai gambar dalam format GIF.
  • November 1990, format World Wide Web atau www diperkenalkan  oleh Tim Barners Lee, seorang karyawan CERN (organisasi gabungan Negara-negara eropa yang meniliti teknologi nuklir). Internet adalah jaringan computer yang terhubung dalam skala global, sedangkan World Wide Web adalah salah satu layanan internet yang berupa jaringan dokumen atau sumberdaya lain seperti : audio, video atau gambar yang saling terhubung dengan hyperlink atau URL (Uniform Resource Locator) alamat yang sering kita gunakan pada address bar browser yang di transfer melalui jaringan internet melalui protocol HTTP (hypertext  transfer protocol).
 Jadi, ada berbagai macam format pertukaran data antar computer yang eksis di jaringan internet akan tetapi terkadang format tersebut tidak kompatibel. Hal ini juga menjadi alasan adanya World Wide Web sebagai Platform internet untuk menyeragamkan format pertukaran data di internet.

referensi :

http://www.aalil.com/pengertian-internet.html
C.V Andi Offset dan Wahana Komputer.2010. Cara mudah kelola banyak akun jejaring social dengan web aggregator. Semarang.



 

No comments:

Post a Comment